Pertama kali di Wajo, BPS laksanakan Survei Biaya Hidup - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo

PELAYANAN STATISTIK TERPADU BPS KABUPATEN WAJO DILAKSANAKAN DENGAN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA PUKUL 09.00-15.00 WITA

Pertama kali di Wajo, BPS laksanakan Survei Biaya Hidup

Pertama kali di Wajo, BPS laksanakan Survei Biaya Hidup

3 Desember 2021 | Kegiatan Statistik


Sengkang - BPS Kabupaten Wajo melaksanakan Survei Biaya Hidup (SBH) 2022 untuk pertama kalinya. Survei ini merupakan survei kedelapan sejak pelaksanaannya pada tahun 1977/1978. SBH merupakan salah satu bahan dasar perhitungan Indeks Harga Konsumen (IHK). IHK merupakan salah satu data strategis Badan Pusat Statistik (BPS) yang diperlukan sebagai dasar penentuan kebijakan pemerintah. Tujuan dari pelaksanaan SBH 2022 kali ini yaitu untuk: (1) memperoleh paket komoditas dan diagram timbang perkotaan dan provinsi untuk memperbaharui IHK tahun dasar 2018; (2) mendapatkan data nilai konsumsi dasar (NK); (3) mendapatkan keterangan tentang profil sosial ekonomi rumah tangga perkotaan dan pedesaan; (4) melengkapi data yang diperlukan untuk penghitungan pendapatan regional dan nasional; dan (5) digunakan sebagai bahan penelitian dan analisis perekonomian.

 

Sebelum pelaksanaan pencacahan sepanjang tahun 2022, dilakukan pemutakhiran rumah tangga. Pemutakhiran rumah tangga ditujukan untuk mengetahui populasi rumah tangga pada blok sensus sekaligus melakukan pemutakhiran keterangan dalam peta blok sensus. Pemutakhiran ini dilakukan secara door to door pada setiap keluarga/rumah tangga yang ada dalam daftar pemutakhiran sesuai cakupan wilayah sampel menggunakan aplikasi pemutakhiran berbasis Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI).

 

Pelaksanaan pemutakhiran dimulai dari tanggal 1-11 Desember 2021. Para pencacah yang didampingi pengawas turun bersama ke lapangan pada hari pertama pelaksanaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Harapannya, setelah pelaksanaan pemutakhiran, didapatkan populasi rumah tangga yang sesuai dengan keadaan blok sensus. (Mega. 2021)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten WajoJl. Veteran No. 2

Sengkang

Wajo

Sulawesi Selatan Telp (0485) 21071

Faks (0485) 21071

Mailbox : bps7313@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik