Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Wajo 2022
Nomor Katalog : 1399013.7313
Nomor Publikasi : 73130.2227
Tanggal Rilis : 2022-12-09
Ukuran File : 3.73 MB
Abstraksi
BPS merupakan instansi penyelenggara pelayanan publik yang
memberikan pelayanan melalui penyediaan data dan informasi statistik.
Pelaksanaan penyebarluasan data dan informasi statistik dilakukan dengan
menyediakan unit Pelayanan Statistik Terpadu (PST) di BPS baik tingkat pusat,
provinsi, maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Salah satu bentuk
evaluasi terhadap kualitas pelayanan PST BPS melalui penyelenggaraan Survei
Kepuasan Masyarakat (SKM). BPS sebagai penyedia data statistik, perlu melakukan
analisis terhadap kebutuhan data konsumen serta kualitas data dan informasi
statistik yang dihasilkan BPS, sehingga BPS menyelenggarakan Survei Kebutuhan
Data (SKD). SKD merupakan survei yang diselenggarakan BPS untuk
mengidentifikasi kebutuhan dan kepuasan konsumen dalam rangka meningkatkan
kualitas data serta pelayanan publik. Hasil dari pelaksanaan SKD 2022 salah satunya disajikan
dalam publikasi dengan judul “Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2022”
sebagai bentuk laporan dari penyelenggaraan SKD. Publikasi ini memberikan
penjelasan secara deskriptif mengenai performa unit layanan, perilaku anti
korupsi, kebutuhan data, serta kepuasan konsumen terhadap kualitas data BPS.
Penyajian data ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, dan infografis. Indeks
Kepuasan Konsumen (IKK) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) merupakan
indikator utama yang disajikan dalam publikasi ini.