Sakernas, Memotret Kondisi Ketenagakerjaan di tengah Pandemi Covid-19 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo

PELAYANAN STATISTIK TERPADU BPS KABUPATEN WAJO DILAKSANAKAN DENGAN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA PUKUL 09.00-15.00 WITA

Sakernas, Memotret Kondisi Ketenagakerjaan di tengah Pandemi Covid-19

Sakernas, Memotret Kondisi Ketenagakerjaan di tengah Pandemi Covid-19

6 Agustus 2021 | Kegiatan Statistik


SENGKANG - Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo kembali melakukan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). Sakernas adalah survei yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data yang dapat menggambarkan keadaan umum ketenagakerjaan antar periode pencacahan di Indonesia. Di era pandemi Covid-19, Sakernas juga dirancang untuk mengumpulkan informasi terkait dampak Covid-19 terhadap ketenagakerjaan. 


Secara umum, tujuan  pengumpulan data melalui Sakernas adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya dan perkembangannya di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.

 

Sakernas dilaksanakan secara semesteran, yaitu Semester I pada bulan Februari dan Semester II pada bulan Agustus. Dalam rangka persiapan pelaksanaan Sakernas Agustus 2021, maka dilakukan Pelatihan Petugas Sakernas selama empat hari dari tanggal 3 hingga 6 Agustus 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari organik BPS dan mitra BPS.

 

Pelatihan Petugas Sakernas dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo, Ir. H. Rustan. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa petugas Sakernas diharapkan memperketat protokol kesehatan selama pelaksanaan Sakernas Agustus 2021. Meskipun pelaksanaannya di masa pandemi Covid-19 ini, diharapkan tidak mengurangi kualitas data Sakernas.

 

Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo tetap berupaya menyajikan data berkualitas meskipun di tengah situasi Pandemi Covid-19. Pelaksanaan Sakernas kali ini agak berbeda dari periode-periode sebelumnya. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan masih berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Wajo. Beberapa penyesuaian pun dilakukan pada proses bisnisnya guna mengurangi resiko terpaparnya Covid-19. Semoga pandemi segera berlalu dan kondisi segera membaik. (Mega,2021)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten WajoJl. Veteran No. 2

Sengkang

Wajo

Sulawesi Selatan Telp (0485) 21071

Faks (0485) 21071

Mailbox : bps7313@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik