Updating PODES 2020, Supply Data untuk Potret Perkembangan Desa - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo

PELAYANAN STATISTIK TERPADU BPS KABUPATEN WAJO DILAKSANAKAN DENGAN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA PUKUL 09.00-15.00 WITA

Updating PODES 2020, Supply Data untuk Potret Perkembangan Desa

Updating PODES 2020, Supply Data untuk Potret Perkembangan Desa

6 Juli 2020 | Kegiatan Statistik


SENGKANG - Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo kembali melakukan Pemutakhiran Data Perkembangan Desa 2020 (Updating Podes 2020). Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 17 Juni hingga 18 Juli 2020. Untuk kedua kalinya, BPS melakukan pendataan Updating Podes 2020 menggunakan CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) berbasis Android. Pendataan Updating Podes melalui CAPI ini pertama kali dilakukan pada tahun 2019. Harapannya, dengan pemanfaatan teknologi informasi ini kegiatan pendataan dapat dilaksanakan dengan efektif dan lebih efisien.


Secara umum, Pendataan Updating Podes 2020 bertujuan untuk menghasilkan data potensi wilayah, ketersediaan infrastruktur/fasilitas dan kondisi sosial ekonomi di setiap desa/kelurahan. Disamping itu, kegiatan Updating Podes 2020 juga bertujuan untuk menyediakan data dasar penghitungan beberapa indeks.


Pertama, Indeks Kesulitan Geografis (IKG) yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu indikator dalam pengalokasian Dana Desa. Kedua, Indeks Pembangunan Desa (IPD) yang disusun untuk menilai tingkat kemajuan atau perkembangan desa. IPD merupakan suatu alat/instrumen yang memberikan informasi bagi pelaku pembangunan desa baik di tingkat pusat, daerah, maupun desa agar dapat melakukan intervensi kebijakan yang tepat sebagai upaya pengungkit perkembangan desanya. IPD juga menjadi alat monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan desa dalam rangka pencapaian sasaran/target RPJMN. Indeks yang ketiga yaitu Indeks Desa Membangun (IDM). IDM mengklasifikasi status Desa untuk menajamkan penetapan status perkembangan Desa dan sekaligus rekomendasi intervensi kebijakan yang diperlukan.


Updating Podes 2020 kali ini memberikan tantangan tersendiri bagi petugas Podes 2020 di Kabupaten Wajo. Petugas harus melakukan pendataan di tengah pandemik Covid-19. Untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19, BPS Kabupaten Wajo telah menginstruksikan kepada petugas agar tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pendataan. Seluruh petugas baik itu pencacah maupun pengawas juga telah dibekali dengan masker dan dihimbau untuk tetap menjaga jarak dalam proses wawancara langsung pada saat pendataan.


Tantangan selanjutnya, hingga saat ini beberapa kecamatan di Kabupaten Wajo masih terendam banjir. Situasi ini cukup menyulitkan petugas dalam melakukan pendataan Updating Podes 2020. Tantangannya, petugas harus melewati jalanan yang rusak berat dan berlumpur, bahkan ada petugas yang harus naik perahu untuk mendatangi aparat desa/kelurahan.


Namun, hambatan tersebut tidak menyurutkan langkah para petugas untuk melakukan pendataan Updating Podes 2020. Tentunya demi pembangunan dan kemajuan desa/kelurahan di Kabupaten Wajo. (Rahmi,2020)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten WajoJl. Veteran No. 2

Sengkang

Wajo

Sulawesi Selatan Telp (0485) 21071

Faks (0485) 21071

Mailbox : bps7313@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik